Posted by: sutrisno | November 26, 2012

Aplikasi telematika dalam kendaraan

Dalam telinga kita kalau mendengar kata telematika maka kita akan teringat dua kata tele dan informatika di dalam wiki,Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, Mari kita penerapan teknologi telematika ini dalam hal kendaraan. Dalam kendaraan bagaimana teknologi telematika digital akan membuat kita hati-hati dalam mengendarai kendaraan. Kenapa teknolgi telematika yang sudah di terapkan dalam kendaraan kita akan lebih nyaman, Telematika adalah metode pemantauan kendaraan. Karena dengan menggabungkan sistem GPS dengan on-board diagnostik itu mungkin untuk merekam dan peta atau posisi mobil itu dan seberapa cepat kecepatan kendaran yang kita kendarai, dan disini kita akan dapatkan referensi bagaimana keadaan mobil kita . Kemudian tambahkan komunikasi melalui jaringan 3G dan telematika dapat digunakan untuk mengirim data dan komunikasi bolak-balik antara kendaraan dan sistem manajemen pusat.

Dengan teknologi ini informasi kendaraan kita sangat akurat seperti kota hitam (black box) pesawat terbang. Di dalam aplikasi tersebut menggunakan sensor di mobil dan jaringan nirkabel lintasan, dan ini sudah di gunakan oleh tim Formula selama bertahun-tahun untuk tahu persis di mana lawan berada di arena balap atau sirkuit. Pada aplikas telematika juga merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan fitur ‘mobil terhubung’ pada umumnya, yang meliputi cuaca lalu lintas, hidup dan info parkir di dashboard, aplikasi, suara diaktifkan fitur semua.

Kenapa aplikasi ini di gunakan. Kita semua tahu bagaimana tech ini dapat digunakan untuk memantau armada lengkap kendaraan dari berbagai hal misalnya perusahaan pengiriman barang untuk layanan darurat dan bahkan bisa di gunakan untuk melacak mobil curian. Ini sekarang aplikasi tersebut diintegrasikan ke dalam atau terhubung dengan mobil -sehingga kita tahu posisi kendaraan kita, dan aplikasi ini secara otomatis memberitahu dan mengirim data pada diagnostik mobil kita, dan ini juga bisa di gunakan pihak asuransi dalam menganalisa bila kendaraan tersebut di asuransikan.

Kenapa baru sekarang banyak di gunakan? Perubahn teknologi berubah cepat dan begitu juga dengan hukum. Di Eropa atau negara barat badan hukum telah memutuskan bahwa dari akhir 2012 premi asuransi mobil harus netral , sehingga pihak asuransi mobil harus mencari cara lain untuk menilai risiko. Apa cara yang lebih baik daripada menggunakan data yang akurat tentang bagaimana kita, sebagai individu benar ? Yang mengatakan, pendekatan, benar-benar terbuka transparan yang membawa telematika mungkin terlalu banyak lompatan untuk beberapa perusahaan asuransi,mereka akan bilang bayar karena kamu mengemudi.

Teknologi ini pada dasarnya memantau dan menilai perilaku mengemudi dari pengguna kendaraan melalui on-board teknologi yang memungkinkan kami untuk menyediakan tingkat yang jauh lebih akurat, dan pemahaman yang sangat spesifik risiko, asuransi mobil Coverbox ini yang juga menawarkan pelacakan pencurian gratis. Telematika ini juga bisa mengubah perilaku baik pad sopir atau driver dapat dihargai. Semakin rinci informasi yang dikumpulkan, semakin dekat industri asuransi bisa secara akurat apportioning menyalahkan driver tertentu yang terlibat dalam kecelakaan.

Akankah telematika tech berarti premi asuransi mobil yang lebih rendah?
Jika Anda seorang pengemudi yang baik, hampir pasti. Model pembayaran yang digunakan oleh asuransi mobil tiba-tiba akan menjadi ‘de-averaged’, dengan model baru berbasis – secara teori – murni pada tingkat pada gaya mengemudi dan lokasi daripada gaya hidup dan alamat rumah. Singkatnya, itu lebih adil. Seperti klaim asuransi baik dan dikurangi untuk driver yang mengambil risiko kurang, sistem tersebut juga dapat memberikan umpan balik mengenai kinerja pengemudi, yang berarti lebih sedikit crash dan insiden, dan klaim asuransi karena lebih sedikit. Ini juga mungkin untuk menyesuaikan umpan balik untuk memaksimalkan penghematan bahan bakar.

Bagaimana perilaku pengemudi yang berbeda yang dapat dibandingkan? Beberapa perusahaan asuransi yang menggunakan data yang dikumpulkan menggunakan telematika untuk membandingkan dengan sopir canggih. Satu asuransi telematika spesialis, MyDrive, membandingkan kedua-demi detik datanya driver untuk armada Royal Society untuk Pencegahan Kecelakaan (RoSPA)-kualifikasi driver canggih. Teorinya adalah bahwa ini memberikan patokan, kuat kredibel dan obyektif, dan semakin dekat Anda dapatkan, semakin rendah premi.

Bagaimana dengan perangkat keras? Aplikasi ini dapat berjalan di smartphone, dan meskipun orang-orang seperti di Mercedes-Benz memiliki beberapa fitur berguna. MyDrive menyediakan sebuah aplikasi untuk Autoline untuk pembalap muda di Irlandia Utara.
“Aplikasi ini diaktifkan setiap kali smartphone dicolokkan ke sumber listrik kendaraan dan akan mulai merekam data pada kedua oleh dasar kedua setelah pengemudi perjalanan di lebih dari 10mph selama lebih dari 10 detik,” kata Linden Holliday, CEO di MyDrive Solusi .
Aplikasi ini juga mencatat data tentang gaya individu mengemudi, termasuk tingkat pengemudi agresi, antisipasi kelancaran, dan konsistensi, yang memenuhi syarat dengan informasi tentang jenis jalan – jalan tol, A-road, dll – dan kondisi mengemudi (hujan lebat, congestions) .
Beberapa percaya bahwa ‘telematika’ kata akan keluar dari nikmat seperti itu terkait dengan teknologi yang lebih tua – cloud computing dan aplikasi smartphone.

Dapatkah apapun menghentikan telematika?
Meskipun hal-hal yang berubah cepat, ada rem pada kemajuan yang bisa memperlambat segalanya, sistem proprietary mendominasi, dan tidak dapat mengintegrasikan dengan eachother. Mengharapkan platform terbuka scalable untuk mengikuti sekali smartphone dan tablet menjadi cara yang dominan untuk berinteraksi dengan telematika. Perangkat lunak global kemungkinan akan menurunkan harga juga.
Perkembangan aplikasi telematika ini sangat cepat, Menurut ABI Research itu di Inggris dan Italia bahwa pihah asuransi akan tercepat untuk mengadopsi teknologi ini

source http://www.techradar.com/news/car-tech/telematics-what-you-need-to-know-1087104


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: