Posted by: sutrisno | October 17, 2012

Menggabungkan file ber-extensi .avi (film) di ubuntu

Minggu kemarin Bos saya habis jalan – jalan ,biasa lah namanya Bos pasti semua hal akan di buat documentasi. Ya documentasi itu ada berupa file foto atau video. Apalagi kalau itu video project maka mereka mendocumentasikannya. Dia shoot beberapa video kemudian di kantor memangggil saya untuk menggabungkan file – file video yang ber-extensi .MOV dan .AVI biasa Bos kan gak mau tau pokoknya mereka menggabungkan menyuruh saya. Saya juga kurang begitu mendalam mengenai per-videoan apalagi edit. Karena saya di sini menggunakan ubuntu maka saya mencari tahu di uncle google dan menemukan beberapa referensi di antaranya : http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Joining_/_menyatukan_file_flv, http://ikhwanux.com/2010/04/13/menggabungkan-file-video-yang-terpisah-di-linux/, Dari situ aku install di PC dengan membuka terminal

sudo apt-get install mencoder
Setelah aku masuk di derectory tempat aku menyimpang file video sana
BK131AA-AR6-CQ3238L:~/Desktop/bk/avi$ ls
Crane31.avi Crane32.avi Crane33.avi
File Crane31.avi Crane32.avi Crane33.avi akan saya gabung menjadi Crane_gabungan.avi kemudian aku jalani perintah
seharusnya ini mencoder -forceidx -of lavf -oac copy -ovc copy -o output.flv clip1.flv clip2.flv clip3.flv
Tenyata error aku ubah sesuai pesen dari PC
BK131AA-AR6-CQ3238L:~/Desktop/bk/avi$ mencoder -forceidx -of lavf -oac pcm -ovc copy -o Crane_gabungan.avi Crane31.avi Crane32.avi Crane33.avi
Dan Alhamdulillah berhasil ..
Linux… aku cinta sama kamu.
“Sekali lagi tidak ada yang tidak mungkin atau tidak bisa di linux asal kita mau belajar semua pasti bisa”


Leave a Reply

Categories

