Posted by: sutrisno | May 24, 2011

Pengangguran di Indonesia yang terus meningkat

Permasalahan ekonomi Indonesia sekarang yaitu masalah terbesar adalah pengangguran. “ Dalam hati saya khawatir dengan masalah yang di Indonesia, yaitu pertumbuhan penduduk yang cepat tanpa pekerjaan,” sungguh ironis bukan… Indonesia yang merupakan zamrud katulistiwa bahkan di mata dunia merupakan surga dunia karena begitu banyaknya kekayaan alam, tetapi kita tidak bisa memanfaatkan untuk kemakmuran rakyatnya.
Sejak krisis moneter melanda Indonesia tahun 1998,setiap tahun 2 juta orang di Indonesia mencari pekerjaan. Berarti setelah krisis moneter sampai sekarang kurang lebih ada 22 juta pengangguran. Dan hanya 5,5 juta yang telah mendapat pekerjaan tetap. Sementara 3,5 juta mencari pekerjaan di luar negeri, sebagian besar sebagai pembantu rumah tangga, dan 4 juta tetap menganggur. Sisanya, menunjukkan sudah mendapat pekerjaan dalam statistik, namun sebenarnya tidak memiliki pekerjaan tetap. Mencari pekerjaan semakin sulit dengan peluang yang kecil juga, sementara kebutuhan hidup mereka hanya mengkonsumsi sementara mereka tidak menghasilkan barang produksi(hanya konsutif).
Sektor pekerjaan yang juga banyak digeluti rakyat Indonesia adalah di sektor pertanian. Pekerjaan ini juga dinilainya sebagai work in income sharing, karena lahan pertanian tidak bertambah, hanya tenaga kerjanya yang jumlahnya bertambah.Padahal, negara yang benar-benar berkembang ditandai dengan menurunnya jumlah tenaga kerja di sektor pertanian. Seperti China, India, dan Vietnam
Solusi untuk masalah pengangguran ini adalah menaikkan angka pertumbuhan ekonomi Dengan menambah pendapatan rakyat serta pembangunan infrastruktur perekonomian. Meningkatkan daya saing penduduk terutama pendidikan dan kesehatan masyarakat. Serta meningkatkan lapangan pekerjaan di berbagai sektor. Menggerakkan perekonomian kerakyatan untuk mengubah sikap penduduk yang mencari pekerjaan sekarang menciptakan lapangan pekerjaan.Smoga ke depan Bangsa Indonesia bisa sejajar dengan bangsa – bangsa lain yang lebih maju.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: