Posted by: sutrisno | March 31, 2011

Compile bahasa C dan C++ di linux

Bagi pengguna linux mungkin pertama -tama akan binguung bagaimana cara commpile bahasa berbasis c++ ,
Linux dari turunan dari Unix lainnya menggunakan GCC sebagai compiler bahasa C/C++, Dan sudah terintegrasi atau terinstall pada semua distro linux,
untuk mengetahui jika GCC sudah terinstall dengan baik, ketikkan:
g++ -v
kampret@kampret-fian:~/tmp/kul$ g++ -v
Using built-in specs.
Target: x86_64-linux-gnu
Configured with: ../src/configure -v –with-pkgversion=’Ubuntu 4.4.1-4ubuntu9′ –with-bugurl=file:///usr/share/doc/gcc-4.4/README.Bugs –enable-languages=c,c++,fortran,objc,obj-c++ –prefix=/usr –enable-shared –enable-multiarch –enable-linker-build-id –with-system-zlib –libexecdir=/usr/lib –without-included-gettext –enable-threads=posix –with-gxx-include-dir=/usr/include/c++/4.4 –program-suffix=-4.4 –enable-nls –enable-clocale=gnu –enable-libstdcxx-debug –enable-objc-gc –disable-werror –with-arch-32=i486 –with-tune=generic –enable-checking=release –build=x86_64-linux-gnu –host=x86_64-linux-gnu –target=x86_64-linux-gnu
Thread model: posix
gcc version 4.4.1 (Ubuntu 4.4.1-4ubuntu9)

Jika sudah ada maka akan keluar versi dari GCC dan distro nya.
Untuk mengcompile program c++ atau c yang telah dibuat,menggunakan perintah berikut:
untuk bahasa C:
gcc -o nama_output_program nama_input_program.c

Untuk bahasa C++

g++ -o nama_output_program nama_input_program.c

Jika berhasil di compile tanpa pesan error, untuk menjalankannya:
./nama_program

contoh program
kampret@kampret-fian:~/tmp/kul$ cat satu.c
#include

using namespace std;
int main()
{
char nama[20];
char npm[10];
char kelas[5];
char hoby[30];
char kota[30];
char universitas[40];
char ortu[25];
char gawe[25];
cout <> (nama);
cout <> (npm);
cout <> (kelas);
cout <> (hoby);
cout <> (kota);
cout <> (universitas);
cout <> (ortu);
cout <> (gawe);
cout << "Nama Saya :" << nama << endl;
cout << "Npm Saya :" << npm << endl;
cout << "Saya Kelas :" << kelas << endl;
cout << "Hoby saya :" << hoby << endl;
cout << "Kota asal Saya :" << kota << endl;
cout << "Saya kuliah Di :" << universitas << endl;
cout << "Masukan OrangTua :" << ortu << endl;
cout << "Pekerjaan Anda :" << gawe;
return 0;
}

kampret@kampret-fian:~/tmp/kul$ ./satu
Masukan nama Anda:Kampret
Masukan npm :10109870
Masukan kelas :2KA28
Masukan hoby Anda:Masak
Masukan Kota Asal Anda:Blora
Masukan Universitas :Majapahit
Masukan OrangTua :Ndeso
Masukan Pekerjaan Anda :IT
Nama Saya :Kampret
Npm Saya :10109870
Saya Kelas :2KA28
Hoby saya :Masak
Kota asal Saya :Blora
Saya kuliah Di :Majapahit
Masukan OrangTua :Ndeso
Pekerjaan Anda :IT


Leave a Reply

Categories

