Posted by: sutrisno | October 2, 2010

Bab I Organisasi

Di Abad melenium saat hidup di dunia harus saling membantu dalam suatu komunitas,kita tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan hidup sebagai manusia secara sendiri – sendiri.Karena manusia di ciptakan ini saling membutuhkan satu sama yang lain.Sebagai mahkluk sosial kita tindak mungkin membelunggu dari akses dunia luar ,kerjasama dan saling melengkapi adalah untuk mencapai tujuan tertentu harus di lakukan,Oleh karena kita kita berkumpul satu sama yang lain untuk mencapai tujuan bersama .
Maka dalam kehidupan sehari hari kita bersosialisasi atau berinteraksi dengan sesama manusia ,dengan membentuk sekumpulan orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.Itulah yang di sebut Organisasi.Jadi organisasi adalah suatu wadah yang terdiri dari anggota individual atau kelompok untuk membentuk suatu kerjasama dengan tujuan tertentu,Mungkian kita dari kecil sudah mengenal organisasi dalam skala kecil ,misal nya pada waktu kita di bangku sekolah dasar sudah ada OSIS ,pramuka dan lain lain.
Baiklah terus organisasi itu apa …sih? dalam benak saya pun juga belum paham . Kemudian aku search di google ada beberapa tutorial ,Di dalam Teori organisasi adalah suatu konsepsi, pandangan, tinjauan, ajaran, pendapat atau pendekatan tentang pemecahan masalah organisasi agar lebih berhasil dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan seperti ada angaran dasar.
Dalam segala sesuatu yang segala sesuatu yang ada hubungannya dengan kepentingan organisasi yang memerlukan pemecahan dan pengambilan keputusan. Ada banyak masalah yang dihadapi organisasi (kompleks) dan memerlukan pemecahan tersendiri sehingga muncul berbagai kajian untuk lebih memahami efektivitas organisasi. Baiklah kita coba urai pengertian organisansi dari beberapa ahli diantaranya yaitu:
Secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada.Jadi bisa di artikan rganisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Menurut James D. Mooney pengertian Organisasi adalah sebagai bentuk setiap perserikatan orang-orang untuk mencapai suatu tujuan bersama (Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose).
Menurut John D. Millet yaitu sebagai kerangka struktur dimana pekerjaan dari beberapa orang diselenggarakan untuk mewujudkan suatu tujuan bersama (Organization is the structural framework within which the work of many individuals is carried on for the realization of common purpose).
Menurut Herbert. A. Simon adalah sebagai pola komunikasi yang lengkap dan hubungan-hubungan lain di dalam suatu kelompok orang-orang (Organization is the complex pattern of communication and other relations in a group of human being).
Menurut Chester L. Barnard adalah sebagai sebuah sistem tentang aktivitas kerjasama dua orang atau lebih dari sesuatu yang tidak berwujud dan tidak pandang bulu, yang sebagian besar tentang persoalan silaturahmi (Organization is a system of cooperative activities of two or more person something intangible and impersonal.Largely a matter of relationship).
Menurut Dwight Waldo yaitu sebagai suatu struktur dari kewenangan-kewenangan dan kebiasaan-kebiasaan dalam hubungan antara orang-orang pada suatu sistem administrasi (Organization is the structure of authoritative and habitual personal interrelations in an administrative system).
Dan menurut Luther Gulick adalah sebagai suatu alat saling hubungan satuan-satuan kerja yang memberikan mereka kepada orang-orang yang ditempatkan dalam struktur kewenangan; dus dengan demikian pekerjaan dapat dikoordinasikan oleh perintah para atasan kepada para bawahan yang menjangkau dari puncak sampai ke dasar dari seluruh badan usaha
Pada awal perkembangan jaman,manusia adalah mahluk individu.Dengan bertambahnya manusia & tuntutan hidup dalam bermasyarakat,
manusia mulai merasakan perlunya ber-organisasi karena adanya tujuan & cita – cita yang sama.

Perkembangan organisasipun semakin kompleks ketika jumlah anggota semakin banyak dan ditambah lagi dengan jumlah anggota
yang tersebar di berbagai tempat.Untuk itu perlu penanganan yang baik & terencana.

source Intenet http://www.ilmumanajemen.com/

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: