Posted by: sutrisno | October 8, 2010

Apa sih yang di maksud dengan Fiber Optik


Kalau kita jalan di jakarta kadang kita menjumpai banyak galian di pinggir jalan,terutama di jalan – jalan protokol kekawasan perkantoran atau kawasan Industri.tentu kita bertanya untuk apa sih fiber optik dan apa kegunaan nya…
Di abad millenium internet merupakan bagian dalam kehidupan orang – orang metropolitan.Perkembangan jaman yang cepat sehingga yang dahulu orang menggunakan internet masih menggunakan koneksi yang lama .maka sekarang sudah menggunakan koneksi serba cepat .
Kemudian dalam hati kita bertanya tanya apa sih fiber optik itu…!!!!
Fiber optik adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Dan dalam pengunaannya beberapa fiber optik dijadikan satu dalam sebuah tempat yang dinamakan kabel optik dan digunakan untuk mengantarkan data digital yang berupa sinar dalam jarak yang sangat jauh.Core adalah kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optik yang dimana pengiriman sinar dilakukan.Cladding adalah materi yang mengelilingi inti yang berfungsi memantulkan sinar kembali ke dalam inti(core).
Buffer Coating adalah plastic pelapis yang melindungi fiber dari kerusakan.
Jenis nya
1. Single-mode fibers
serat optik dengan core yang sangat kecil (berdiameter 0.00035 inch atau 9 micron). diameter mendekati panjang gelombang sehingga cahaya yang masuk ke dalamnya tidak terpantul-pantul ke dinding cladding.
2. Multi-mode fibers
serat optik dengan diameter core yang agak besar (berdiameter 0.0025 inch atau 62.5 micron) yang membuat laser di dalamnya akan terpantul-pantul di dinding cladding yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth dari serat optik jenis ini.
Cara Kerja Fiber Optik
Cara kerja fiber itu yaitu sinyal awal yang berbentuk sinyal listrik pada transmitter diubah oleh transducer elektrooptik (Dioda / Laser Dioda) menjadi gelombang cahaya yang kemudian ditransmisikan melalui kabel serat optik menuju penerima / receiver yang terletak pada ujung lainnya, pada penerima/reciever sinyal optik tadi diubah kembali menjadi sinyal listrik oleh transducer Optoelektronik (Photo Dioda / Avalanche Photo Dioda).Akan tetapi dalam perjalanan sinyal optik dari transmitter menuju reciever akan terjadi redaman cahaya sehingga jika jarak transmisinya jauh maka diperlukan repeater untuk memperkuat sinyal kembali.
Itulah sekelumit tentang fiber optik..

Source http://kaskus.us

About these ads

Responses

  1. klw kita pegang isi kabelnya bhaya gak bg?

    soalnya,sya pernah mgang trus mtong kbel tsb..

    trmksih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: